Berapa Usia Terbaik untuk Membangun Bisnis?

Posted on

business race on a blue trackBenarkah memulai usaha di usia muda lebih banyak peluang berhasilnya ketimbang di usia paruh baya atau tua? Survei membuktikan tidak demikian. Dan jawabannya bukan seperti yang disangka orang selama ini bahwa usia 25 tahun tepat untuk memulai usaha.

Jadi usia berapa sebaiknya seseorang memulai membangun perusahaan? Pertanyaan ini menjadi perdebatan dengan dua sisi yaitu usia dan tujuan utama hidup.

Dalam diskusi di Quora, pertanyaan tersebut telah menarik banyak perhatian. Pertanyaan ini timbul setelah pada Agustus lalu, ada pertanyaan dari penanya anonim, “Apa rencana orang di Silicon Valley ketika berusia 35 tahun, dan berada di puncak posisi ?

Ada ungkapan hidup di Silicon Valley akan berakhir pada “usia 35 tahun”, kecuali Anda mendapatkan posisi paling atas. Lalu apa yang orang lakukan ketika berada di usia 35 tahun? Demikian mengutip Inc, Minggu (17/11/2013).

Sejumlah nama terkenal mulai dari pengusaha dan programmer berusia 35 tahun pun yang telah sukses memberikan komentar. Di antara mereka ada pendiri Wikipedia’s Jimmy Wales, Michael Arrington pemilik TechCrunch’s, Netflix’s Reed Hastings, Craiglist’s Craig Newmark, dan Zipcar’s Robin Chase.

Pengusaha ini masing-masing berusia 35,37 dan 42 tahun. Saat mereka mendirikan perusahaan, berdasarkan data Kaufman Foundation, rata-rata usia mereka di usia 39 tahun, dan dua kali lebih banyak mereka lebih tua dari 50 tahun.

Sementara itu, usia antara 24-35 tahun dinilai memiliki risiko lebih buruk berdasarkan waktu. Menurut sebuah survei American Express, sekitar 16% yang memulai bisnis ketika selesai sekolah, dan jumlah ini menurun menjadi 12% pada 2007.

Pertanyaan pun kembali ditujukan kepada Quora. Bagaimana orang yang berkumpul dalam komunitas teknologi memastikan bahwa keberhasilan yang tidak biasa pada usia sangat dini adalah bukan hal yang keliru dalam norma?

Jadi sebenarnya tak perlu risau soal usia saat ini membangun usaha. Bagaimanapun usia hanyalah deretan angka, bukan faktor utama yang menentukan keberhasilan membangun usaha. (Ahm/Igw)

 

Sumber : http://bisnis.liputan6.com

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s